Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

bengel's vidios

Loading...

resensi novel dekat dimata jauh dihati

Kamis, 15 November 2012

Share this history on :

bioNora

Nora umres lahir dan tinggal di semarang. Sejak SMP sudah suka dan belajar keras  menulis cerita.
Bertahun-tahun, cerita yang dia tulis cerita – cerita “serius”. Berulangkali dia berusaha menulis cerita remaja yang ringan dan yang lucu, tetepi selalu gagalhingga dia sadar diri, cerita remaja bukan lahan subur bagi tanaman kreativitasnya.
     namun tahun 2001ketika menulis telah menjadi semacam ketrampilan yang bisa dimanfaatkan kapan dan dimana pun sesuai dengan kebutuhan, dia tergoda untuk kembali menulis cerita remaja. Ternyata “bisa”. Maka lahirlah cerita bersambung bukan sephia di tabloid remaja tren yang kemudia menjadi buku yang berjudul  Uki: Ini Labirin Cinta (PT Gramedia Pustaka Utama, 2002). Setelah itu,dia aktif menulis cerita pendek remaja yang sebagian besar terpublikasikan lewat majalah aneka yess! Buku ini, Dekat di Mata Jauh di Hati, merupakan versi lengkap cerita tentang Uki.
     Kini salah satu karyanya, Lagu Cinta Cowok Biasa, sedang terbit secara bersambung di Edisi Minggu Harian umum Suara Merdeka.








                                              SINOPSIS

    Uki masih membisu di depan cermin, Padahal di lusr kamar, di sekolah, di rumah teman, di jalan–jalan, Uki ngga pernah bisu. Lebih lagi di tengah gengnya: Erta,Rara,Dina dan Lili. Jangankan diam bicara dikit aja nggak pernah pasti bla-bla-bla. Uki cewek anak kelas II-1 SMA Merdeka dengan suara jazzy dan terkenal banget murah senyum itu, sering membuat cowok-cowok ke Gr-eran dan salah paham karena senyumanya. Seperti Dido cowok ter Kyut di SMA Merdeka sampai kelimpungan dan nggak tau harus giman, kibar cowok pintar fisika dan kimia, penyampai salam Dido ke uki juga ikut-ikutan salah paham dan nggak ketinggalan pak cip ( seorang guru bahasa Indonesia di SMA Merdeka ) yang selalu ngasih buku-buku bacaan ke Uki setelah di pamerin di depan kelas Uki.
     Suatu hari Uki bingung dengan cowok-cowok yang salah paham karena senyumanya itu, lalu Uki menelpon someone, someone yang misterius karena teman-temanya tidak ada yang tahutentang someone yang bikin hati Uki bergetar. Meski hanya mendengar suaranya tanpa bertemu. Namun sayang saat Uki asik bicara dengan someone di sebuah wartel. Dan Dido!, Dido mengikutinya, sejak saat itu someone yang misterius kini diketahui banyak orang. Saat itu Uki bingung bagaimana menanggapi Dido.tiba-tiba sedan merah hati menepi berhenti persis di depan Uki. Keluarlah sesosok cowok dewasa, berkumis lumayan tebal keluar dari mobil dan tersenyum. Mas Prei someone yang misterius mempwerkenalkan diri. Dido hanya termangu culun di depan wartel melihat Uki pergi bersama Mas Peri. Tiga sampai Empat hari kemudian Uki menerima 5 surat sekaligus dan berwarna-warni,hijau lumut dari Kibar, merah hati dari dido, pink dari Mas Prei, dan surat hitam yang berisi ancama agar Uki menjauhi Mas Prei, surat itu dari odink. Odink adalah Gay yang pernah menyukai Mas Prei dan kini malah jatuh cinta sama Dido. Karena takut Dido nolak, Odink minta bantuan Uki, dengan berat hati Ukipun membantunya.
     Karena nggak tau Odink seorang Gay Dido mau aja diajak nonton catswalk disebuah Mol, disana Dido berkenalan dengan salahsatu model. Silvie namanya, dengan Silvie Dido mencoba untuk nglupain Uki. Mereka nonton bareng dan bergandengan mesra. Padahalsaat itu Uki berjanji untuk membuka hatinya untuk Dido, tapi semuanya terlambat bagi Uki. Keesokan paginya Uki ingin bilang pada dido Uki mau terima Dido, sayang Rara terlanjur bilang kalau Dido sudah punya cewek,cantik, model lagi. Itu bikin hati Uki hancur.Uki ingin dengar sendiri dari Dido, lantas menelpon Dido, tapi dido diam Uki nggak suka di cuekin lalu memutus telpon itu. Dido bingung dan mengontak balik Uki. Jawab Uki “aku cukup tau diri kok,Do. Nggak mungkin menang bersaing sama Silvie yang modis, glamor, dan fotomodel banget, aku Cuma cewek sekolahan yang gak pernah pake Lipstik, eye shadow, dan sanding” . Aku Cuma Uki nggak lebih nggak kurang, aku Cuma....Dido! (Dido memutus) aku juga Cuma Dido, cowok slengekan yang suka main gitar dan bikin puisi. Bukan cowok yang suka clubbing di cafe-cafe, apalagi cowok metroseksual yang suka lama-lama dandan di depan cermin. Aku Cuma Dido, Cuma cowok yang setiap hari jatuh cinya sama kamu. Nggal lebih, mggak kurang!”
     Setelah penjelasan di telpon itu, akhirnya mereka kini bersama-sama mencerahkan langit yang mendung.

           
           IDENTITAS BUKU
http://www.gramediapustakautama.com/uploads/dirimg_buku/re_buku_picture_79657.jpg
Judul               : Dekat di Mata Jauh di Hati  
Penulis             : Nora Umres
Penerbit          : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku      : 271
Terbit Tahun   : 2005
Kota Terbut    : Jakarta
Jenis               : Fiksi
 













         KEUNGGULANBUKU
     Dengan cover lucu, berwarna. Buku ini memili sampul yang bagus, memiliki motivasi-motivasi yang baik bagi para pembacanya. Buku dengan tebal 271 halaman memang sangat menarik untuk dibaca oleh orang yang sedang jatuh cinta.

        KELEMAHANBUKU
     Buku ini terlalu tebal,dan juga kertas yang digunakan dalam isi buku tidak bagus karena menggunakan kertas buram sehingga kurang menarik. Serta tidak sedikit bahasa yang kurang dimengerti.

                   
NILAI BUKU
  
Buku ini cocok banget untuk Remaja soalnya bercerita tentang masa-masa SMA, mulai dari persahabatan,percintaan,dan hal-hal seru yang bikin ketawa. Tapi tidak untuk anak-anak.

               SARAN
       Buku atau novel yang di buat menurut saya alangkah lebih baik tidak cukup tebal agar para pembaca atau orang yang tertarik untuk membacanya agar tidak bosan dan juga untuk dapat lebih mudah untuk memahami apa isi dari buku atau novel tersebut.


           KESIMPULAN
       Cerita yang menarik, menghanyutkan, asik lagi. Apalagi buat remaja yang baru jatuh cinya. Dengan cover yang lucu,berwarna. Walaupun masih menggunakan kertas buram. Tetapi bikin gregetan. Jauh di mata Dekat di Hati sebagai karya sastra yang layak untuk diperbincangkan dan tentunya di nikmati karena mengandung unsaur sastra yang menarik untuk
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Poskan Komentar